IHSG ditutup menguat ikuti penguatan bursa Asia

Sektor properti yang menguat 2,04% dan sektor keuangan yang naik 1,95% menjadi penopang penguatan IHSG hari ini.

Layar menampilkan pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (22/4).Foto Antara/Hafidz Mubarak A/foc.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 37 poin atau 0,83% ke level 4.548 pada perdagangan Selasa (19/5). Investor asing tercatat membukukan penjualan bersih Rp2 triliun di seluruh pasar.

Tercatat sebanyak 7,9 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi Rp8,6 triliun. Sektor properti yang menguat 2,04% dan sektor keuangan yang naik 1,95% menjadi penopang penguatan IHSG hari ini.

Hari ini, pergerakan pasar saham Asia terbawa sentimen positif harga minyak dunia yang kembali menguat dalam tiga pekan berturut-turut. Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan, hal ini seiring dengan optimisme pelaku pasar di mana ekonomi global diharapkan akan pulih lebih cepat, setelah percobaan tahap awal vaksin coronavirus berhasil.

Dari dalam negeri, Nico mengatakan kenaikan IHSG kali ini, seiring dengan optimisme pelaku pasar saham global di mana sebagian besar sentimen kali ini cukup mengarah ke area positif.

"Adapun sentimen negatif yang menghantui perbankan BUMN dalam beberapa pekan terakhir, memang cukup memberikan tekanan pada kinerja saham perbankan BUMN," tuturnya.