IHSG lesu akibat klaster baru Covid-19 DKI Jakarta

Sektor aneka industri yang melemah 1,33% dan sektor properti yang turun 1,30% menjadi pendorong pelemahan IHSG hari ini.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,04% ke level 5.111 pada perdagangan Rabu (29/7). Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih sejumlah Rp434 miliar.

Tercatat sebanyak 11,3 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi Rp8,2 triliun. Sektor aneka industri yang melemah 1,33% dan sektor properti yang turun 1,30% menjadi pendorong pelemahan IHSG hari ini.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan IHSG ditutup melemah dibayangi kekhawatiran investor terkait semakin banyaknya kasus baru Covid-19 dan mulai banyaknya pembatasan kegiatan.

"Selain itu, pergerakan cenderung terbatas menjelang pernyataan The Fed terkait perekonomian dan keputusan suku bunga," ujar Dennies.

Sementara itu analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan pelaku pasar khawatir dari timbulnya klaster baru penyebaran Covid-19, yang mana klaster perkantoran menjadi salah satu kontribusi penyebaran Covid-19.