Indef sebut korupsi hambat laju pertumbuhan ekonomi

Ekonom senior Indef Faisal Basri menyatakan peran lembaga pemberantasan korupsi harus diperkuat untuk menjamin keamanan investasi.

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai bahwa praktik korupsi akan menghambat investasi pembangunan sehingga menahan pertumbuhan ekonomi nasional lebih tinggi. / Antara Foto

 

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai bahwa praktik korupsi akan menghambat investasi pembangunan sehingga menahan pertumbuhan ekonomi nasional lebih tinggi.

"Praktik korupsi tidak akan membuat pembangunan menjadi sehat, berkualitas, dan berkelanjutan," ujar ekonom senior Indef Faisal Basri di Jakarta, Senin (30/9).

Menurut dia, hal itu dikarenakan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) yang seharusnya terukur tidak lagi menjadi kepedulian para koruptor.

"Yang mereka inginkan adalah meraup segala sumber daya secepat-cepatnya dan sebanyak mungkin untuk memperbesar kekuatan logistik. Merekalah yang akhirnya nanti akan terus berjaya di panggung politik," ucapnya.