Industri kripto pasca-Indonesia jadi anggota penuh FATF

Indonesia menjadi anggota penuh ke-40 FATF dalam FATF Plenary Meeting di Paris, 27 Oktober 2023.

Pasca-Indonesia menjadi anggota penuh FATF diyakini akan berdampak terhadap industri kripto di Tanah Air. Freepik

Indonesia resmi menjadi anggota penuh (full membership) ke-40 Financial Action Task Force (FATF) dalam FATF Plenary Meeting di Paris, Prancis, 27 Oktober 2023. Ini diklaim memberikan keuntungan bagi Tanah Air, utamanya persepsi positif terhadap sistem keuangan nasional.

"Yang akhirnya akan berdampak pada meningkatnya confidence dan trust Indonesia di sisi bisnis dan iklim investasi," kata Presiden Joko Widodo dalam keterangannya melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

FATF adalah organisasi internasional yang fokus pada pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terrorisme dan proliferasi senjata pemusnah massal. FATF, yang dibentuk pada KTT G7 tahun 1989, beranggotakan 40 negara.

Sebelum menjadi anggota tetap, Indonesia berstatus observer FATF sejak 29 Juni 2018. Selanjutnya, mengikuti tahapan mutual evaluation (ME) untuk menguji kepatuhan dan efektivitas rezim anti-pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme, dan proliferasi senjata pemusnah massal.

Pada FATF Plenary, Februari 2023, Indonesia diberikan jalur fast-track dalam melaksanakan rencana aksi (action plan), yang berfokus pada Immediate Outcome (IO) 3 tentang pengawasan kepatuhan, IO 8 tentang perampasan aset, dan IO 11 tentang pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal.