Industri perikanan turun, Bitung genjot sektor pariwisata

Kota Bitung, Sulawesi Utara fokus menggenjot bidang pariwisata.

Walikota Bitung Sulawesi Utara Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan fokus menggenjot bidang pariwisata di  Kota Bitung di Sulawesi Utara. (Eka/Alinea.id)

Sektor pariwisata menjadi salah satu amunisi untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Walikota Bitung Sulawesi Utara Maximiliaan Jonas Lomban menangkap peluang tersebut dan fokus menggenjot bidang pariwisata di  Kota Bitung, Sulawesi Utara. Tujuannya, sebagai alternatif untuk mengangkat perekonomian di daerah tersebut. Pasalnya, pendapatan utama Kota Bitung, yakni industri perikanan tengah mengalami penurunan.

“Ekonomi kami turun, sehingga kami alihkan sebagian kegiatannya ke pariwisata,” ungkap Jonas di Gedung BEI, Senin (15/10).

Sementara itu, untuk menggenjot sektor pariwisata, Jonas akan mengusung tagline Bitung Bahari Berseri. Tagline itu membawa misi, yakni untuk mendorong sektor pariwisata Bitung kian berkembang. 

Dia menyebut, ada lima pesona pariwisata di Bitung. Antara lain, pesona laut Selat Lembek dengan 95 titik penyelaman spot diving. Lokasi itu paling banyak disambangi wisatawan asal Eropa dan Amerika Serikat. "Rate occupation di sana mencapai 70%-80%,” jelasnya.