Infrastruktur dasar ibu kota baru butuh Rp865 miliar

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun prasarana dasar ibu kota negara belum masuk APBN 2020.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan anggaran yang dibutuhkan untuk membangun prasarana dasar ibu kota negara di Kalimantan Timur mencapai Rp865 miliar.  / Antara Foto

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan anggaran yang dibutuhkan untuk membangun prasarana dasar ibu kota negara di Kalimantan Timur mencapai Rp865 miliar. 

"Untuk IKN (ibu kota negara) perhitungan kami butuh Rp865 miliar untuk jalan, terutama untuk sarana dan prasarana dasar," kata Basuki di Komisi V DPR RI, Jakarta, Rabu (28/8).

Kendati demikian, kata Basuki, anggaran tersebut belum dimasukkan ke dalam rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk Kementerian PUPR di tahun 2020. 

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi V Bahrum Daido mengkritisi soal ketidaksiapan pemerintah dalam menyediakan anggaran untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur. 

Semestinya, kata Bahrum, anggaran untuk prasarana dasar untuk membangun ibu kota di Kalimantan Timur sudah diperhitungkan.