Strategi Pertamina setelah pangkas jumlah direksi

Untuk Direktorat Operasional yang sebelumnya ada di Pertamina akan masuk ke dalam beberapa subholding yang telah dibentuk.

Ilustrasi. Foto Antara.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali merombak jajaran pengurus perusahaan pelat merah. Direksi PT Pertamina (Persero) dipangkas dari 11 orang menjadi hanya enam orang saja.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung, Jumat (12/6).

"Melalui struktur baru ini, diperkirakan Pertamina menjadi lebih agile (lincah), fokus, dan cepat dalam pengembangan kapabilitas bisnisnya dan dapat mengakselerasi skala bisnis menjadi perusahaan global dengan nilai pasar US$100 miliar," kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam keterangan resmi.

Perombakan direksi tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri BUMN nomor SK-198/MBU/06/2020, tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan. Dalam Surat Keputusan tersebut, pemegang saham menetapkan perubahan struktur organisasi direksi yang semula 11 orang menjadi enam orang dan beberapa di antaranya juga mengalami perubahan nomenklatur. Adapun struktur baru Direksi Pertamina terdiri atas : 

  • Direktur Utama: Nicke Widyawati
  • Direktur Sumber Daya Manusia: Koeshartanto
  • Direktur Keuangan: Emma Sri Martini
  • Direktur Penunjang Bisnis: M Haryo Yunianto
  • Direktur Logistik dan Infrastruktur: Mulyono
  • Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha: Iman Rachman

Untuk Direktorat Operasional yang sebelumnya ada di Pertamina akan masuk ke dalam beberapa subholding yang telah dibentuk, yaitu subholding upstream, subholding refinery dan petrochemical, subholding commercial dan trading, subholding power, new dan renewable energi, serta shipping company. Semua subholding tersebut akan menjalankan bisnis bersama dengan subholding gas yang sebelumnya telah terbentuk di bawah Pertamina melalui PT Perusahaan Gas Negara Tbk. sejak tahun 2018.