Investor Brasil minat tanam modal tol laut Jokowi

Investor asal Brasil berminat untuk menanamkan modal di sektor infrastruktur pengembangan tol laut yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Investor Brasil minat tanam modal tol laut Jokowi. / Istimewa

Investor asal Brasil berminat untuk menanamkan modal di sektor infrastruktur pengembangan tol laut yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Pemilik modal asal Negeri Samba itu mengutarakan minat investasi di Indonesia kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Namun, pemerintah masih menghitung keuntungan yang bakal diperoleh Indonesia.

Deputi Perumahan, Pertahanan, dan Pembiayaan Infrastruktur Kemenko Perekonomian, Bastari Paandji Indra mengatakan, investor asal Brasil tersebut tertarik untuk menanamkan investasi di sektor pelabuhan laut

"Kelihatnnya mereka tertarik untuk (investasi) ke bagian pengembangannya. Kalau tahap awal, kita sudah (kerja sama) dengan Jepang. Tapi, itu perlu dirinci lagi, karena (investasi) ini baru pertemuan pertama dan perlu penjajakan," kata Bastari, Senin (23/4).

Dia menambahkan, jika dilihat dalam rencana 5 tahun, di dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional), terdapat 25 pelabuhan. Namun, yang menjadi prioritas pemerintah saat ini adalah pada sektor pelabuah utama primer yang melayani kegiatan bongkar muat nasional dan internasional (hub), yakni Kuala Tanjung, Bitung, dan Patimban.