Investor Inggris bangun pabrik ban pesawat senilai Rp1 T di Karawang

Dunlop Aircraft Tyres akan membangun pabrik ban pesawat di Karawang dalam 18 bulan ke depan.

Produsen pesawat asal Inggris Dunlop Aircraft Tyres akan membangun pabrik ban pesawat baru dan vulkanisir di Karawang, Jawa Barat dengan nilai investasi pada tahap awal sekitar Rp1 triliun. / Kemenperin

Produsen pesawat asal Inggris Dunlop Aircraft Tyres akan membangun pabrik ban pesawat baru dan vulkanisir di Karawang, Jawa Barat dengan nilai investasi pada tahap awal sekitar Rp1 triliun. Dunlop akan menggandeng PT Rubberman Indonesia sebagai mitra bisnisnya.

CEO Dunlop Aircraft Tyres Gordon Roper mengatakan, pihaknya tertarik investasi di Indonesia karena bahan baku karet nasional yang melimpah. Gordon bahkan optimistis, kapasitas produksinya di Indonesia akan mencukupi kebutuhan pasar domestic dan global.

“Kami juga melihat industri penerbangan di Indonesia terus tumbuh. Hal ini yang menjadi penting bagi kami,” ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (7/10).

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan pemerintah terus mendorong tumbuhnya industri pengolahan karet di dalam negeri. Hal ini dapat memperkuat struktur manufaktur di sektor tersebut agar lebih berdaya saing.

“Pada tahap pertama, pabrik ban vulaknisirnya diproyeksi bisa beroperasi dalam waktu 18 bulan ke depan. Setelah itu, mereka membangun fasilitas untuk memproduksi ban yang baru,” jelasnya.