Investor jangan panik di tahun politik

Sentimen di pasar saham juga tidak terpengaruh besar oleh situasi politik yang terjadi di dalam negeri.

Tahun politik tak perlu diwaspadai berlebihan oleh investor di pasar modal. / Istimewa

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan investasi di pasar saham masih menjadi unggulan sekalipun di tahun politik. Pasalnya, investasi di pasar saham menjanjikan imbal hasil yang menarik. Meskipun masih terjadi fluktuasi, namun pasar ini tidak terlalu terpengaruh situasi makro global seperti yang terjadi di valuta asing (valas).

“Investasi saham masih tinggi terlihat dari pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terus membaik,” kata Reza saat dihubungi Alinea.id, Jumat (3/8).

Reza mengatakan sentimen di pasar saham juga tidak terpengaruh besar oleh situasi politik yang terjadi di dalam negeri. Menurut dia, instrument investasi ini memiliki keunggulan karena modal ditanamkan di perusahaan terdaftar (emiten). Sehingga pergerakan investasi akan mengikuti kinerja masing-masing perusahaan.

“Karena yang kita investasikan ke saham perusahaan dan berkaitan dengan kinerja mereka. Selama pelaku pasar berinvestasi di saham perusahaan yang fundamental baik dan pertumbuhan baik, maka investasinya sudah benar. Kalau ada pergerakan naik turun cukup wajar karena erat kaitannya dengan sentimen lainnya di luar kinerja emiten,” katanya.

Dengan demikian, kata Reza, para pelaku pasar saham harus cermat melihat satu per satu emiten yang potensial. Menurut dia, di tahun politik, emiten yang akan cemerlang adalah yang bergerak di bidang consumer, retail, industri dasar, dan komoditas.