IPA nilai kenaikan harga minyak dorong investasi di hulu migas

Harga minyak dunia saat ini membawa dampak positif bagi Indonesia.

Ilustrasi kilang minyak. Dokumentasi PT Pertamina (Persero).

Indonesian Petroleum Association (IPA) menyebut kenaikan harga minyak mentah dunia berdampak baik pada investasi hulu minyak dan gas (migas) di Indonesia. Ali Nasir dari IPA mengatakan, meski demikian, kenaikan harga migas juga berdampak menimbulkan gap antara produksi dan konsumsi.

"Harga minyak dunia saat ini membawa dampak positif bagi Indonesia karena akan menarik investasi di industri hulu migas," ucapnya dalam keterangan resminya, Kamis (14/4).

Dia menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri, masih perlu impor sekitar 700.000 barel per hari (bph). Kondisi ini membuat cadangan devisa menjadi terkuras.

Tidak berhenti di situ, menurutnya, tantangan industri migas ke depan akan semakin besar. Mulai dari beralihnya investasi perusahaan migas ke industri terbarukan, dan semakin ketatnya perbankan dalam memberikan pinjaman untuk kegiatan industri hulu migas.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada tiga kriteria dalam investasi industri hulu migas. Di antaranya prospecivity, fiscal term, dan legal stability.