Jasa keuangan, sektor yang paling banyak diadukan konsumen

Aduan konsumen jasa keuangan selalu yang tertinggi dibandingkan sektor lain dalam 5 tahun terakhir.

Ilustrasi jasa keuangan. Alinea.id/Aisya Kurnia

Sektor jasa keuangan paling banyak diadukan para konsumen. Jumlahnya, berdasarkan aduan yang diterima Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), mencapai 49,6%.

Jasa keuangan yang diadukan beragam. Detailnya, pinjaman online (pinjol) sebesar 22,4%, belanja online 16,6%, perbankan 15,9%, leasing 6%, uang elektronik 3,2%, dan asuransi 1,5%.

"Masih sangat tinggi sekali pengaduan jasa keuangan, maka perlu adanya suatu literasi," ujar Ketua Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI, Sularsi, di Jakarta, Jumat (5/8).

Bahkan, aduan konsumen jasa keuangan selalu yang tertinggi dibandingkan sektor lain dalam 5 tahun terakhir. Pada 2017, pengaduan jasa keuangan mencapai 21%, lalu meningkat menjadi 50% pada 2018, 46,8% pada 2019, dan 33,5% pada 2020.

"Jasa keuangan ini selalu mendominasi untuk pengaduan," ucapnya.