Kementerian BUMN targetkan Jiwasraya dapat kucuran dana Rp5 triliun

Pada tahap awal, Jiwasraya dapat kucuran dana sebesar Rp5 tiliun.

Seseorang melintas di depan kantor Jiwasraya. Antara Foto

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan PT Asuransi Jiwasraya bakal mendapatkan kucuran dana sebesar Rp5 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk menyelamatkan perusahaan asuransi plat merah tersebut dari gulung tikar. 

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan uang sebesar Rp5 triliun tersebut merupakan kucuran tahap awal. Dia menjelaskan, dana itu berasal dari Holding Asuransi BUMN sebesar Rp2 triliun dan investor Rp3 triliun.

"Yang siap diinvestasikan investor itu Rp3 triliun. Kalau kloter pertama bisa dapat Rp5 triliun sudah bagus. Holding Rp2 triliun dan investor Rp 3 triliun," kata Arya Sinulingga di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (19/1).

Untuk mendapatkan dana tahap awal sebesar Rp3 triliun, Arya mengungkapkan, pihaknya akan menggunakan anak usaha Jiwasraya, yakni PT Jiwasraya Putra untuk melobi investor. 

Diharap, investor bisa menginvestasikan dananya di perusahaan tersebut. Selanjutnya, dana investasi itu digunakan untuk menyelesaikan perkara finansial yang membelit Jiwasraya.