Jokowi mau ganti eselon III dan IV dengan robot cerdas

Presiden Jokowi akan memangkas eselon III dan IV dalam struktur birokrasi yang selama ini menghambat.

Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan efisiensi terhadap berbagai regulasi dan juga struktur organisasi di dalam pemerintahan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Alinea.id/Nanda Aria

Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan efisiensi terhadap berbagai regulasi dan juga struktur organisasi di dalam pemerintahan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, segala bentuk hambatan terhadap masuknya investasi akan dipangkas. Tak terkecuali dengan eselon III dan IV dalam struktur birokrasi yang akan digantikan dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

"Tahun depan kita akan mengurangi eselon, yang eselon III dan IV ini akan kita potong, dan kita putuskan juga diganti dengan AI," katanya dalam acara Kompas100 CEO Forum di Jakarta, Kamis (28/11). 

Dia melanjutkan, jika kerja-kerja eselon III dan IV digantikan dengan kecerdasan buatan, maka akan mempercepat proses administratif yang ada di tingkatan kementerian dan lembaga.

"Kalau diganti dengan AI kecepatan kita dalam birokrasi akan cepat," ujarnya.