Jokowi mau tol Kayu Agung-Palembang tersambung sentra ekonomi

Jokowi menilai, banyak potensi pengembangan wilayah di sepanjang koridor jalan tol Kayu Agung-Palembang, Sumsel.

Presiden Jokowi dan rombongan melintasi Jembatan Ogan, bagian dari ruas tol Kayu Agung-Palembang, Sumsel, Selasa (26/1/2021). Dokumentasi Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Kayu Agung-Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada Selasa (26/1). Pemerintah daerah (pemda) setempat diharapkan menyambungkannya dengan sentra perekonomian.

“Saya titip kepada gubernur, kepada bupati/wali kota, agar jalan tol ini disambungkan pada sentra-sentra ekonomi, sentra-sentra pariwisata, kawasan industri, sentra pertanian, sentra-sentra perkebunan. Berikan akses penghubung ke sana, manfaat ekonominya akan bisa maksimal,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat potensi pengembangan wilayah di sepanjang koridor jalan tol. Daya tersebut diyakininya bakal menjadi kawasan produktif di berbagai sektor.

"Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan antarwilayah antardaerah, tapi juga untuk membangkitkan perekonomian di Pulau Sumatra, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, juga menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif,” paparnya.

Keberadaan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi itu, sambung dia, dapat mendorong terciptanya kesejahteraan rakyat. Kilahnya, pemerataan pembangunan bakal membuka lapangan pekerjaan.