Jokowi ungkap pembangunan infrastruktur kawasan inti IKN sudah dimulai

Jokowi berharap pemindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara membawa perubahan, khususnya terkait mindset tata kelola pemerintahan.

Titik Nol ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. Dokumentasi Setkab

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, pemerintah telah memulai pembangunan infrastruktur di kawasan inti ibu kota negara (IKN) Nusantara. Ini disampaikannya kepada awak media di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Selasa (29/11).

"Untuk IKN, ini kita sudah memulai [pembangunan] untuk infrastrukturnya, dam untuk suplai air baku ke IKN sudah selesai Januari. Infrastruktur untuk yang kawasan inti sudah dimulai," ujar Jokowi dalam keterangannya.

Jokowi menuturkan, pembangunan gedung pemerintahan, seperti kementerian serta Istana Kepresidenan dan Wakil Presiden akan dimulai.

"Yang berkaitan dengan pembangunan kementerian-Istana Presiden dan Wakil Presiden juga [akan dimulai] ini. Bulan Desember, sudah dimulai," ujar Jokowi.

Di samping itu, Jokowi menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Kalimantan, utamanya suku Dayak, terhadap pembangunan IKN. Disampaikan Jokowi, pemerintah juga akan membangun Dayak Center di sekitar wilayah IKN atas permintaan suku Dayak.