Jualan di Tokopedia, pengusaha dimsum ini tambah 120 karyawan saat pandemi

UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa dapat bertahan di masa pandemi dengan bergabung dalam ekosistem digital.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Marketplace atau e-commerce sudah semakin lekat dalam kehidupan masyarakat dewasa ini. Keuntungan menggunakan marketplace dalam kehidupan sehari-hari juga sangat terasa.

Seperti halnya dialami oleh Gatot (39). Bapak tiga anak ini setia menggunakan marketplace untuk mencari bahan baku produk dagangannya. Sesekali, ia juga mencari kebutuhan-kebutuhan yang mendukung hobinya yakni bersepeda.

Dengan belanja online, ia juga tak perlu berkeliling dari satu toko ke toko lain untuk mencari suatu barang yang dibutuhkan. “Yang jelas enggak ribet, tinggal scroll cari di marketplace,” tuturnya saat berbincang dengan Alinea.id, Minggu (12/9).

Keuntungan lainnya, kata warga Tangerang Selatan ini, marketplace mempunyai fitur yang membuat pembeli bisa melacak posisi pengiriman barang. Ada pula fitur chat yang memungkinkan pembeli untuk bertanya seputar produk dan mengutarakan keluhan jika barang yang diterima tidak sesuai.

“Nanti komplainnya akan ditanggapi sama adminnya. Pembeli bisa lebih aman, selama barangnya bermasalah, duit kita juga masih aman,” sebutnya.