Jurus Sarinah ekspor kerajinan lokal ke Eropa dan Amerika

Badan usaha milik negara (BUMN) PT Sarinah (Persero) memiliki strategi untuk menggenjot pendapatan pada tahun 2019.

Badan usaha milik negara (BUMN) PT Sarinah (Persero) memiliki strategi untuk menggenjot pendapatan pada tahun 2019. / Sarinah

Badan usaha milik negara (BUMN) PT Sarinah (Persero) memiliki strategi untuk menggenjot pendapatan pada tahun 2019.

Salah satu caranya yaitu memperluas pasar ekspor untuk produk-produk kerajinan dan khas Indonesia. Perusahaan membidik wilayah Eropa dan Amerika Selatan sebagai pasar ekspornya. Sarinah juga akan menjajal pasar regional yaitu Myanmar dan Thailand. 

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, tahun depan, perusahaan akan mengembangkan pasar baru di wilayah Asia dan negara-negar baru yang banyak terdapat tenaga kerja asal Indonesia.

“Targetnya yang menjadi sasaran kami itu China, kemudian Asia Tenggara. Kemarin kami sudah kirim batik ke Myanmar dan Thailand. Kami juga akan menjajal pasar Taiwan dan Filipina,” ujarnya di Jakarta, Kamis (20/12).

Dengan perluasan pasar tersebut, perusahaan berharap kontribusi ekspor akan meningkat. Mengingat, kontribusi ekspor masih kecil dibandingkan impor.