Ke mana Wapres Ma'ruf Amin saat krisis Corona?

Jarang muncul di media, kini publik mulai membandingkan kinerja Ma’ruf Amin dengan JK.

Seperti Yolanda dalam lirik lagu Kangen Band, keberadaan Wakil Presiden Ma’ruf Amin terus menerus dipertanyakan oleh berbagai pihak. “Kiyai, kamu di mana? Dengan siapa? Semalam berbuat apa?” pertanyaan-pertanyaan dari lirik lagu Yolanda itu terus bermunculan di berbagai lini masa.

Selama berbulan-bulan pascapandemi Covid-19 menjalar ke Indonesia, Abah sapaan akrabnya, memang kian jarang muncul di media. Berdasarkan pantauan Alinea.id di laman www.wapres.go.id, kegiatan pria kelahiran Tangerang, 11 Maret 1943 ini lebih banyak pada urusan internal.

Di bulan Juli, kegiatan suami dari Wury Ma’ruf Amin ini mayoritasnya dihabiskan untuk membuat rekaman video ucapan ulang tahun dan pidato. Ada setidaknya 13 kali rekaman video yang dilakukan Abah selama bulan Juli. Sisanya, kegiatan Abah hanya berkutat pada urusan di belakang layar. Plus sesekali mendampingi presiden dalam kegiatan yang bersifat kenegaraan.

Tak pelak, minimnya eksposur terhadap Ma’ruf Amin ini membuat hasil survei tingkat kepuasaan masyarakat terhadap kinerja Abah turun drastis dalam tiga bulan terakhir. Dalam riset yang dilakukan Lembaga Survei Akuratpoll Sentra Riset dan Consulting pada Agustus 2020, tingkat kepuasaan terhadap kinerja Ma’ruf Amin berada di angka 47,5%.

Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan hasil survei sebelumnya yang dilakukan Charta Politika pada Maret 2020, yang menunjukkan tingkat kepuasan terhadap Ma’ruf Amin di level 55,3%.