Keberangkatan KA dari Gambir dan Pasar Senen dikurangi

Meski dibatalkan penumpang kereta api dapat kembali memiliki pilihan jadwal KA lain.

Karyawan melayani calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan perjalanan di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (22/3). Foto Antara/Nova Wahyudi/foc.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengurangi sejumlah perjalanan Kereta Api (KA) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam mengurangi mobilitas masyarakat.

"Terhitung mulai hari ini, Senin (23/3) perjalanan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami penyesuaian pengurangan operasional KA. Dalam kurun waktu 23 Maret-1 April 2020, terdapat 19 KA yang mengalami pembatalan perjalanan," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya.

Meski dibatalkan penumpang kereta api dapat kembali memiliki pilihan jadwal KA lain, jika memang harus tetap melakukan perjalanan pada hari ini. Pasalnya pihak KA harus menjamin agar social distancing dapat berjalan dan tidak terjadi mobilitas dan penumpukan penumpang di Stasiun dan di dalam kereta.

"Akan dibantu oleh petugas untuk proses pengalihan jadwal keberangkatan," kata dia. "Kami akan berupaya terus melakukan pengaturan agar para pengguna tetap akan memiliki jarak tertentu didalam kereta," lanjutnya.

Eva menuturkan ada beberapa hal yang mesti diperhatikan calon penumpang terutama yang memiliki tiket perjalanan KA pada kurun waktu pembatasan operasional pada 23 Maret-1 April 2020, yaitu: Pertama, bagi calon penumpang yang sudah melakukan pemesanan tiket KA sesuai jadwal pembatalan KA yang sudah ditentukan, maka akan dialihkan ke jadwal KA lain jika tetap memutuskan akan berangkat.