Riset Alinea.id: Kebijakan perpanjangan subsidi listrik direspons positif media

Dari segi respons, media juga memberitakan positif kebijakan pemerintah yang memperpanjang subsidi listrik.

Ilustrasi. Pixabay

Kebijakan pemerintah memperpanjang subsidi listrik mendapat respons positif masyarakat, hal itu berdasarkan pemberitaan media.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari menyebut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi pembayaran subsidi dan stimulus listrik tahun ini kepada PT PLN (Persero) telah mencapai Rp26,5 triliun.

Berdasarkan riset Alinea.id, tercatat ada 2.225 berita di media online yang meliput mengenai perpanjangan subsidi listrik dalam kurun waktu 17-25 Juli 2021.

Puncak ekspos berita terjadi di 21 Juli 2021, dikaitkan dengan kepastian perpanjangan PPKM level 4 di Jawa dan Bali. Seiring dengan perpanjangan PPKM, pemerintah juga memutuskan memperpanjang diskon tarif listrik kepada masyarakat dan pelaku usaha hingga Desember 2021. Akan ada 32,6 juta pelanggan yang menerima stimulus ini.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, perpanjangan stimulus ini adalah bukti kehadiran negara untuk membantu masyarakat melewati masa-masa sulit pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.