Kemenhub luncurkan eSRUT dan BLUe untuk permudah uji kendaraan

Kemenhub meluncurkan Elektronik Sertifikat Registrasi Uji Tipe atau (e-SRUT) dan Bukti Lulus Uji Berkala Elektronik (BLUe).

Kementerian Perhubungan meluncurkan Elektronik Sertifikat Registrasi Uji Tipe atau (e-SRUT) dan Bukti Lulus Uji Berkala Elektronik (BLUe) dalam meningkatkan pelayanan dalam pengurusan pengujian kendaraan bermotor.  Alinea.id/Ardiansyah Fadli

Kementerian Perhubungan meluncurkan Elektronik Sertifikat Registrasi Uji Tipe atau (e-SRUT) dan Bukti Lulus Uji Berkala Elektronik (BLUe) dalam meningkatkan pelayanan dalam pengurusan pengujian kendaraan bermotor. 

Penerapan sistem online untuk uji KIR ini ditargetkan bisa menambah Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp1 triliun hingga akhir 2019.

"Penerapan e-SRUT ini dapat menambah dan mempercepat PNBP yang cukup besar. Satu sampai dua hari ini target PNBP Rp800 miliar dan kami targetkan mencapai 1 triliun sampai tahun 2019," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta, Jumat (23/8).

Menurutnya, pada tahap awal ini, e-SRUT sudah diterapkan pada sepeda motor. Nantinya, tidak hanya motor, penerapan e-SRUT juga akan diberlakukan pada kendaraan roda empat atau mobil. 

"Tahap pertama sampai sekarang untuk semua SRUT sepeda motor sudah menggunakan e-SRUT. Mobil nanti akan kita berlakukan pada oktober," jelasnya.