Kemenhub pastikan kelaiklautanan kapal penumpang Kepri jelang Lebaran

Ini berdasarkan hasil uji kelaiklautan beberapa kapal cepat di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan Harbour Bay Batam

Kemenhub memastikan kelaiklautan kapal penumpang di Kepri jelang masa angkutan Lebaran 1444 H/2023 M.

Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Hubla Kemenhub) melakukan uji kelaiklautan kapal penumpang di wilayah Kepulauan Riau (Kepri), yang merupakan salah satu titik terpadat di Tanah Air. Ini dilakukan guna memastikan armada memenuhi unsur keselamatan jelang masa angkutan Lebaran 1444 H/2023 M.

Pelaksanaan uji kelaiklautan kapal penumpang dilakukan di dua lokasi, Pelabuhan Tanjung Balai Karimun pada 9 Maret 2023 dan Pelabuhan Harbour Bay Batam pada 10 Maret 2023. Adapun kapal yang diuji petik adalah kapal cepat MV Oceanna 16, MV Oceanna 17, dan MV Dumai Line 1.

Kemenhub menerjunkan tim dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan yang dipimpin Kasubdit Keselamatan Kapal, Wahyu Ardhiyanto, bersama tim marine inspector dari Kantor KSOP Kelas I Batam, KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, dan surveyor dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

Wahyu menyampaikan, Pelabuhan Batam dan Tanjung Balai Karimun selalu pada saat masa angkutan Lebaran. Oleh karena itu, faktor keselamatan harus diprioritaskan.

"Pelaksanaan uji kelaiklautan kapal ini merupakan komitmen Kemenhub untuk memastikan kondisi dan fisik kapal dinyatakan layak dan memenuhi unsur keselamatan sehingga kapal-kapal tersebut dapat melayani para penumpang," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (10/3).