Kemenhub targetkan Teman Bus ada di 10 kota

Saat ini Teman Bus sudah ada di tiga kota yaitu Palembang, Solo, dan Bali.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Kementerian Perhubungan menargetkan program pembelian layanan angkutan kota atau Buy the Service (BTS) yang disebut Teman Bus dapat hadir di 10 kota pada 2021. 

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi mengatakan saat ini Teman Bus sudah ada di tiga kota yaitu Palembang, Solo, dan Bali. Pada Oktober tahun ini, layanan tersebut diperkirakan akan hadir di Yogyakarta dan Medan. Sementara di tahun depan, akan bertambah di kota Makassar, Banjarmasin, Bandung, Surabaya, dan Banyumas.

"Program ini diharapkan menjadi bagian dari digitalisasi 4.0 smart city, yang mendukung cashless society," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (1/10).

Budi optimistis Teman Bus bisa mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia sehingga muncul terobosan yang inovatif dan responsif terhadap program bantuan bus yang selama ini dinilai kurang berhasil. Program ini adalah sebagai langkah awal implementasi dari program Buy the Service (BTS) yang memberikan subsidi penuh bagi operator dengan fasilitas pendukung di bus yang lebih baik, sehingga diharapkan lebih banyak penumpang yang beralih ke moda transportasi publik di seluruh Indonesia.

Kementerian Perhubungan menetapkan beberapa standar pelayanan minimal (SPM) yang harus dimiliki operator agar layanan Teman Bus memiliki kualitas dan pelayanan yang prima. Keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan disebut menjadi enam kunci utama dalam pelayanan Teman Bus.