Kemenhub undang investor membangun infrastruktur perhubungan

Infrastruktur merupakan fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat dan menjadi tanggung jawab pemerintah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dephub.go.id

Saat ini pembangunan infrastruktur serta peran swasta dalam pembangunan infrastruktur menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian masyarakat. Hal ini terkait dengan tugas pemerintah dalam menyediakan layanan kepada masyarakat.

Sehingga pemerintah saat ini mendorong pembangunan melalui kerja sama dengan badan usaha swasta maupun BUMN. Terkait dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah dalam pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan khalayak luas.

Sebagai salah satu perwujudan percepatan pembangunan infrastruktur dibidang transprotasi darat, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat telah melakukan program pengembangan infrastruktur salah satunya adalah revitalisasi terminal penumpang tipe A dengan melakukan transformasi pola pembangunan berupa transit oriented development.

Dilengkapi dengan tata kelola yang modern dengan mengedepankan aspek komersial serta membangun sistem operasi digital dan mengembangkan sumber daya manusia yang profesional serta membangun sistem lingkungan yang sehat dan bersih serta menciptakan budaya dan mutu pelayanan publik.

Tranformasi pembangunan juga akan dilakukan terhadap infrastruktur perhubungan darat lainnya seperti di antaranya adalah unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor serta pelabuhan penyebrangan.
Sebagai inovasi pendanaan untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan maka saat ini