Kemenparekraf akan kembangkan wisata vaksin

Adapun vaksin yang digunakan adalah vaksin gotong royong, yang penyediaannya akan ditugaskan kepada perusahaan pelat merah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Foto Antara/HO-Birkom Kemenparekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah melakukan proses finalisasi paket wisata vaksin Covid-19, dengan dosis lengkap bagi wisatawan yang ingin melancong ke berbagai destinasi di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno mengatakan, kebijakan tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan terkait ketersediaan vaksinnya.

"Wisata vaksin melibatkan Menkes dan dalam diskusi tersebut kami ditugaskan di rapat internal oleh presiden," katanya dalam video conference, Selasa (22/6).

Kebijakan yang telah dalam tahap finalisasi tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat dan dapat dieksekusi setelah pengumuman dikeluarkan. Dan Bali akan menjadi destinasi percontohan.

"Mengenai wisata vaksin segera setelah diumumkan langsung bisa dijalankan, karena ini untuk mendorong peningkatan pemberian vaksin secara masif dan luas," ujarnya.