Kementan suplai inovasi teknologi di kawasan food estate Temanggung

Salah satu teknologi yang dikenalkan adalah irigasi otomatis berbasis IoT dan dilengkapi beberapa fitur.

Berbagai alsintan yang dikerahkan Balitbangtan Kementan untuk pengembangan kawasan food estate di Temanggung, Jateng. Dokumentasi Balitbangtan Kementan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Balitbangtan Kementan) memperkenalkan inovasi teknologinya di kawasan lumbung pangan (food estate) berbasis hortikultura saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (14/12).

Teknologi modern yang dikenalkan adalah irigasi otomatis berbasis internet of things (IoT) dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dilengkapi sensor kadar lengas tanah, kamera pengawas (CCTV), dan teknologi perangkap hama. 

Seluruh komponen dapat dikendalikan melalui ponsel pintar dan terhubung dengan Agriculture War Room (AWR) Kementan sehingga proses pengontrolan suhu, kelembaban, pertumbuhan tanah, dan serangan hama dapat dilakukan dari jarak jauh.

Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry, menyatakan, teknologi irigasi otomatis ini juga ramah lingkungan karena menggunakan energi surya dan pengairan presisi.

"Sentuhan teknologi Litbang membuat irigasi bisa jalan secara otomatis ketika tanah ini perlu air. Tidak hanya itu, teknologi ini juga ramah lingkungan karena hemat energi, hemat air, dan dapat hemat untuk penggunaan pupuk urea," tuturnya dalam keterangan tertulis, Rabu (15/12).