Kepala BKF optimistis perekonomian kuartal IV-2021 jauh lebih baik

Indonesia sudah harus dalam kondisi selalu siap dan waspada pada 2021, tetapi ekonomi harus tetap bisa bertumbuh. 

Kepala BKF Febrio Nathan Kacaribu dalam webinar Indonesia Sustainable Development Day (ISDD) 2021, Rabu (10/11/2021). Foto tangkapan layar Youtube CNN Indonesia

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, Indonesia mempunyai banyak sekali alasan untuk optimis walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kita melihat bukan hanya di domestik tetapi di global banyak sekali perkembangan yang menggembirakan, walaupun kita tetap masih menghadapi risiko pandemi Covid-19,” ujar Febrio Kacaribu dalam webinar Indonesia Sustainable Development Day (ISDD) 2021, Rabu (10/11).

Febrio mengungkapkan, kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia sudah mulai membaik, tetapi saat ini BKF sudah mulai melihat pola yang menarik, di mana banyak negara sudah mulai living with endemic.

“Masyarakat kita sudah mulai bisa melihat bagaimana sebenarnya cara kita untuk living with endemic dari tahun ke tahun sejak 2020,” ucapnya.

Lebih lanjut, Febrio menegaskan, Indonesia sudah harus dalam kondisi selalu siap dan waspada pada 2021, tetapi ekonomi harus tetap bisa bertumbuh.