Kolaborasi penting untuk meningkatkan capaian vaksinasi

Salah satu kunci keberhasilan berbagai program adalah perluasan kerja sama dan pelibatan semua pihak.

Anggota Komisi IX DPR RI Elva Hartati. Foto: dpr.go.id/Jaka/Man

Kolaborasi semua pihak dinilai penting untuk meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di Tanah Air. Apalagi mengingat saat ini Indonesia menghadapi gelombang ketiga penyebaran virus Corona. 

"Salah satu kunci keberhasilan berbagai program adalah perluasan kerja sama dan pelibatan semua pihak, begitu juga dengan program vaksinasi Covid-19," kata anggota Komisi IX DPR Elva Hartati kepada wartawan, Rabu (2/2).

Menurut dia, pelibatan swasta sangat penting, karena mempunyai sumber daya yang bisa dimaksimalkan untuk akselerasi vaksinasi. Elva menyontohkan, Ekuador menjadi negara dengan tingkat kecepatan vaksinasi terbaik dunia, karena kerja sama yang kuat dengan pihak swasta.

Elva mengatakan, pemerintah memang sudah bekerja sama dengan swasta, tapi perlu diperluas dan diperkuat. Dengan 184,68 juta orang yang sudah divaksin merupakan capaian yang luar biasa. Komisi IX mengapresiasi kinerja pemerintah, tapi capaian ini harus terus ditingkatkan. 

"Paling sedikit 80% populasi mendapatkan vaksinasi dan kelompok rentan seperti lansia menurut saya 100% harus divaksinasi," imbuhnya.