Kominfo: Ekosistem startup di Indonesia sudah mulai terbentuk

Melalui program 1000 startup digital, Kominfo mengharapkan bisa membuka wawasan anak muda membangun startup.

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani P saat konferensi pers - Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Sabtu (25/9/2021). Foto tangkapan layar Yotutube Kominfo

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah program pembinaan perusahaan rintisan tingkat awal (early-stage) yang diprakasai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika sejak 2016. 

Program ini memiliki beberapa rangkaian acara, di antara lain adalah Ignition, Networking, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, dan Incubation.

Rangkaian acara yang pertama dari program ini yaitu, konferensi pers Ignition yang diselenggarakan secara daring, pada Sabtu (25/9). Pada acara tersebut, menghadirkan Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani P, Founder & COO Xendit Tessa Wijaya, dan Chief Investment Officer BRI Ventures William Gozali.

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani P mengatakan, program ini telah berhasil melatih 85.000 calon-calon founder dan saat ini sudah terbentuk 1.160 startup baru di Indonesia.

“Di masa pandemi saat ini, kami menyelenggarakan pelatihan dengan cara hybrid yaitu dilakukan secara online dan juga offline,” kata Semuel.