Komoditas anjlok jadi biang kerok penjualan mobil Daihatsu jeblok

Sejak awal tahun hingga Oktober 2019, penjualan mobil Daihatsu turun 10,7%, terutama lantaran harga komoditas yang anjlok.

Sejak awal tahun hingga Oktober 2019, penjualan mobil Daihatsu turun 10,7%, terutama lantaran harga komoditas yang anjlok. / Perseroan

Lesunya pasar industri otomotif sepanjang tahun 2019 turut memengaruhi penurunan penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), anak usaha PT Astra International Tbk. (ASII).

Hingga Oktober 2019, Daihatsu mencatatkan penurunan penjualan hingga 10,7% secara year-to-date (ytd). Penurunan tersebut masih lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata industri yang terkoreksi 11,7% ytd.

Corporate Planning and Communication Division Head Daihatsu Elvina Afny, mengatakan penurunan penjualan Daihatsu tersebut ditekan oleh penjualan mobil komersial seperti pick up.

"Penjualan mobil komersial memang turun. Karena memang ada penurunan di sektor komoditas, maka itu ikut memengaruhi penjualan juga," kata Elvina di Menara Astra, Jakarta, Senin (18/11).

Elvina melanjutkan, rata-rata penjualan mobil komersial di industri memang mengalami koreksi sebesar 14,3% secara ytd. Koreksi penjualan mobil komersial ini lebih tinggi dibandingkan dengan koreksi penjualan mobil penumpang secara industri sebesar 10,9% secara ytd.