Lika-liku IHSG selama setahun bak Roller Coaster

Pada akhir 2018, IHSG diharap dapat kembali ke level penutupan seperti akhir tahun lalu yaitu berada di level 6.300.

Seorang pria beraktivitas di dekat layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (6/12/2018). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 17,63 poin atau 0,29 persen ke level 6.115,49. ANTARA FOTO

Dalam setahun terakhir, perdagangan di bursa saham tanah air bagaikan roller coaster. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak variatif. Membuka perdagangan pada awal hingga pertengahan tahun, laju IHSG bertahan di atas level 6.300. 

Namun sayang hal tersebut ternyata tak bertahan lama. Sampai di penghujung tahun 2018, nyatanya IHSG semakin menjauhi dari level 6.300.  Meskipun demikian, Direktur Utama Avrist Asset Management, Hanif Mantiq, tetap optimistis pada akhir tahun IHSG dapat kembali ke level penutupan seperti akhir tahun lalu yaitu berada di level 6.300.

"Optimis tentunya IHSG kembali ke level 6.300. Saya rasa masih punya energi dengan di dorongnya sentimen internal seperti window dressing," ujarnya kepada Alinea.id.

Sebelum IHSG mengarah ke laju positif, ada baiknya pembaca mengetahui perjalanan IHSG sepanjang 2018. Dan beginilah lika-liku IHSG sejak awal hingga akhir tahun ini.

Januari