LPS: Perbankan dalam kondisi solid

LPS memastikan industri perbankan masih solid tercermin dari berbagai indikator keuangan.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan bahwa industri perbankan dalam kondisi solid yang tercermin dari berbagai indikator keuangan yang masih baik. / Antara Foto

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan bahwa industri perbankan dalam kondisi solid yang tercermin dari berbagai indikator keuangan yang masih baik.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah mengungkapkan rata-rata rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) industri perbankan per September 2019 berada di kisaran 23,28% dengan rentang permodalan per kelompok Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) berada pada 22,07%-25,37%.

Risiko kredit industri perbankan terpantau terkendali dengan rata-rata kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) sebesar 2,66%. 

"Angka ini relatif sama dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu,” kata Halim saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu (6/11).

Kemudian, Credit at Risk atau NPL ditambah kredit restrukturisasi industri perbankan cenderung meningkat 9,2% pada Desember 2018 menjadi 10,5% pada September 2019.