Menteri BUMN pastikan LRT lintas Cawang-Cibubur beroperasi Oktober

Secara keseluruhan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I lintas Cawang-Cibubur telah mencapai 64,4%

Menteri BUMN meninjau proyek stasiun lintas rel terpadu (LRT) Cibubur yang merupakan bagian dari proyek LRT lintasan Cawang - Cibubur, Jumat (23/8).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan proyek Light Rail Transit (LRT) tahap satu untuk lintas layanan Cawang-Cibubur bisa beroperasi pada akhir Oktober 2019.

"Saya ke sini untuk memastikan proyek LRT Lintas Cawang-Cibubur berjalan sesuai rencana, dan kita targetkan beroperasi komersil di akhir Oktober. Sebelum beroperasi, tentunya ada tahapan testing dan simulasi untuk mengecek betul kesiapannya baik jalur, listrik dan lain-lain," kata Menteri Rini di Pitstop temporary LRT di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Jakarta, Jumat (23/8).

Rini juga menambahkan, Kementerian BUMN akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait sertifikasi dan izin untuk mendukung pengoperasian LRT secara komersil.

Saat ini progres proyek LRT jalur Cawang-Cibubur telah mencapai 85%. Nantinya satu kereta LRT itu membawa enam gerbong dengan kapasitas 1.200 penumpang.

"Keretanya sudah siap dari PT INKA (Persero). Saya optimistis bisa selesai sesuai target dan kami akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub untuk izin dan sertifikatnya," tambah Menteri Rini.