Luhut: Kendaraan nonlistrik dilarang masuk ibu kota baru

Kendaraan nonlistrik dari sekitar Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pun tidak boleh masuk.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam diskusi Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (26/2/2020). Alinea.id/Nanda Aria.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah tengah menyusun masterplan pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penyusunan masterplan ini paralel dengan pembahasan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Baru oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Kita harapkan di kuartal I-2024 pemerintahan sudah pindah ke ibu kota baru. Semua secara gotong royong kami kerjakan sehingga betul-betul ini menjadi suatu kota yang indah dan terintegrasi dan green city (kota hijau)," katanya di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (26/2).

Dia pun memaparkan, dalam jangka panjang, ibu kota negara (IKN) baru didesain dengan kecanggihan teknologi transportasi terbaru. Menurut Luhut, transportasi publik juga tidak lagi menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil, namun kendaraan listrik atau electric vehicles (EV).

"Jadi lanskapnya, desainnya, semua diperhatikan dengan baik. Sehingga IKN ini mempunya prinsip hijau dengan teknologi tinggi; green energy dan green vehicle. Kita ambil energy hydropower untuk masuk ke sana," ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan, masyarakat yang berada di kota-kota sekitar seperti Balikpapan dan Samarinda tidak diizinkan masuk ke kawasan IKN jika tidak menggunakan mobil listrik.