Bakal lunasi utang, Hanson Internasional tak siapkan capex 2020

PT Hanson International Tbk. (MYRX) memiliki utang ke debitur individual sebesar Rp2,5 triliun.

PT Hanson International Tbk. (MYRX) berkomitmen membayar utang pada debitur individu hingga tahun depan. Alinea.id/Annisa Saumi

PT Hanson International Tbk. (MYRX) berkomitmen membayar utang pada debitur individu hingga tahun depan. Dengan demikian, emiten milik Benny Tjokrosaputro ini pun tak akan menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) untuk 2020.

Direktur Independen MYRX Adnan Tabrani mengatakan di awal tahun ini perseroan menganggarkan belanja modal sebesar Rp1 triliun.Hingga kuartal III-2019, perseroan telah menyerap dana hingga Rp800 miliar.

"Tahun ini kami mengangaarkan capex Rp1 triliun, telah terserap Rp800 miliar. Kami tak akan menyerap capex lagi karena akan fokus membayar utang sampai akhir tahun ini," ujar Adnan di Jakarta, Rabu (13/11).

Seperti diketahui, Hanson International memiliki pinjaman jangka pendek ke individu hingga Rp2,538 triliun dari 1.197 pihak. Pinjaman ini harus dilunasi hingga jatuh tempo terakhir pada Oktober 2020.

Perseroan akan mengandalkan penjualan tanah dan penjualan dari proyek properti mereka yaitu Citra Maja Raya, Millenium City, dan Forest Hill hingga tahun depan sebagai biaya pelunasan utang.