M Lutfi akan bertindak sebagai wasit dan Wahyu Sakti gali potensi kelautan

Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pada Kementerian Perdagangan serta Kementerian Kelautan dan Perikanan .

Calon Mendag Muhammad Lutfi. Foto sekab.go.id

Presiden Jokowi menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan dan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pada kementerian itu. Lantas seperti apa strategi mereka untuk memajukan dua sektor tersebut? Berikut pernyataan mereka seperti dilansir setkab.go.id. 

Muhammad Lutfi mengaku akan bertindak sebagai wasit yang mengatur jalannya perdagangan di Indonesia.

“Menteri Perdagangan itu kalau dianalogikan sama seperti wasit bertinju. Pembeli dan penjual adalah petinjunya dan rakyat Indonesia adalah penontonnya,” ujarnya usai diumumkan menjadi calon Menteri Perdagangan oleh Presiden Joko Widodo di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12) sore.

Sebagai wasit, pria yang pernah menjadi Kepala BKPM ini menegaskan, akan bersikap transparan. Karena jika wasit tidak melakukan sesuatu hal yang semestinya dilakukan, maka penonton dan para petinju akan melihat adanya kecurangan ataupun kekurangan.

“Saya berjanji transparan. Kementerian ini akan memastikan juga bahwa ekonomi Indonesia harus berjalan secara baik, secara efisien, untuk menyejahterakan bangsa dan negara,” ujarnya.