Marketplace, penyelamat UMKM di tengah lesunya ekonomi

Kanal penjualan melalui marketplace membantu UMKM meningkatkan penjualan di tengah ekonomi yang lesu.

Ilustrasi. Alinea.id.

Setahun sudah dunia hidup di tengah pandemi Covid-19. Tak hanya berdampak pada kesehatan umat manusia, virus SARS-Cov-2 ini turut menyerang sendi perekonomian.

Semua sektor terdampak, tak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Namun, kehadiran marketplace telah membantu pelaku usaha untuk bangkit di saat pandemi. Saluran penjualan dari sejumlah kanal telah bergeser ke platform marketplace sejak Covid-19 masuk ke Indonesia. Salah satunya, lokapasar besutan anak bangsa; Tokopedia. Marketplace bercorak hijau ini menjadi platform paling diminati baik sebelum maupun saat pandemi.

Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020, mencatat sebanyak 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.

Bertemakan “Bertahan, Bangkit, dan Tumbuhnya UMKM di Tengah Pandemi melalui Adopsi Digital”, riset tersebut menunjukkan kolaborasi antara Tokopedia dan masyarakat telah memberikan dampak besar untuk perekonomian Indonesia saat pandemi.