Medsos bikin trafik data Indosat saat lebaran melonjak

Tingginya penggunaan media sosial saat lebaran membuat trafik data PT Indosat Ooredoo Tbk. melonjak tajam.

Pada Kuartal I tahun 2018, Indosat Ooredoo memiliki 96,2 juta pelanggan dan mencatatkan peningkatan traffic data sebesar 75,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2017. / Istimewa

Tingginya penggunaan media sosial saat lebaran membuat trafik data PT Indosat Ooredoo Tbk. melonjak tajam.

Indosat saat Hari Raya Idul Fitri 1439 H mencatat kenaikan trafik data sebesar 4,867.58 Terabyte per hari atau 73% dibanding tahun lalu sejalan penggunaan sosial media semakin meningkat, baik sebagai hiburan maupun berkomunikasi.

"Perusahaan mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik dan bersilaturahmi," kata Umar Hadi, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo yang sekaligus menjadi Ketua Festive Lebaran 2018, dilansir Antara, Rabu (20/6).

Perusahaan mencatat peningkatan trafik tertinggi untuk penggunaan data adalah pada puncak arus mudik atau bertepatan dengan H-3 Lebaran sebesar 5.338,47 Terabyte per hari, atau naik 49,70% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Berbeda dengan layanan data, trafik layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2018. Bila dibandingkan dengan trafik reguler harian biasa, trafik suara pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 153,91 juta menit, atau turun sekitar 17,37% dan trafik SMS di hari Lebaran menurun menjadi sekitar 137,18 Juta SMS, atau turun 15,11%.