Mencegah anak merasa bosan saat liburan

Liburan sering membuat anak-anak bosan. Orang tua pun bisa menggali tips kreatif termasuk dari marketplace.

Ilustrasi Alinea.id/MT. Fadillah.

Sebagai ibu tiga anak, Ani (37) harus kreatif menciptakan suasana rumah lebih ceria. Terutama di masa pandemi kala anak-anak harus belajar di rumah dan tidak bisa berinteraksi di sekolah. Pembatasan sosial pun membuat anak-anak ‘terpenjara’ di rumah dan minim kegiatan fisik.

Namun, ia terus berharap pandemi akan berakhir seiring dengan menurunnya kasus positif Covid-19. “Sekarang anak-anak sudah main di luar rumah terus, pagi dan sore, karena ini masih liburan,” katanya saat berbincang dengan Alinea.id, Senin (4/7).

Karyawan swasta yang masih menjalani work from home (WFH) ini juga tidak mempunyai rencana liburan sehingga ia harus menciptakan jadwal bermain anak-anak di masa liburan. “Supaya mereka enggak gadget-an terus, kasihan matanya,” imbuhnya.

Untuk itu, ia pun kerap mengajak anak-anaknya saat berkumpul bersama teman-temannya. “Jadi enggak cuma emak-emaknya yang kumpul, anak-anak juga senang bisa main bersama,” tambahnya.

Pertemuan rutin itu biasa dilakukan, baik di rumah maupun lokasi outdoor. Menurutnya, ajang berkumpul menjadi salah satu interaksi yang bisa mengajarkan anak cara bersosialisasi.