Menhub jamin izin pembangunan jetty kawasan industri Kaltara

Proses pembangunannya diharapkan selesai pada akhir 2022.

Ilustrasi pembangunan pelabuhan. Istimewa

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan proses perizinan pembangunan dermaga dengan konsep jetty di Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), berjalan lancar. 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan, pembangunan jetty untuk mendukung pembangunan Kawasan Industri Kalimantan Indonesia (KIKI) dan KIPI, Kaltara. Fasilitas ini menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN).

"Analisis mengenai dampak lingkungannya (amdal) sudah dilakukan. Syarat-syarat lainnya sudah dipenuhi dengan sedang dalam tahap finalisasi," katanya dalam keterangan, Jumat (19/8).

Budi Karya pun mengimbau pemerintah daerah (pemda), swasta, beserta pemangku kepentingan terkait lainnya juga memperhatikan aspek sosial dengan melibatkan masyarakat sekitar. Pangkalnya, warga sekitar harus direlokasi dan nelayan terdampak akibat proyek ini.

Dalam pengembangan kawasan yang dibangun menggunakan skema business to business (B2B) atau non-APBN tersebut, pemerintah memfasilitasi percepatan perizinan dan insentif sesuai ketentuan. "Agar pembangunan kawasan industri ini dapat menjadi kawasan yang kondusif dan ramah bagi investor," ujarnya.