Menhub pastikan RI patuhi aspek keselamatan penerbangan

Kemenhub bersama seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan konsisten mengkampanyekan pentingnya aspek keselamatan penerbangan.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat menghadiri Simposium Keselamatan Regional Asia Tenggara" yang diselenggarakan Boeing di Jakarta, Selasa (23/8/2022). Dokumentasi Kemenhub

Sebagai anggota Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan komitmen mematuhi standar internasional dalam menjaga keselamatan penerbangan di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat menghadiri "Simposium Keselamatan Regional Asia Tenggara" yang diselenggarakan Boeing di Jakarta, Selasa (23/8).

"Kami selalu siap mematuhi standar dan praktik yang direkomendasikan oleh ICAO dan peraturan internasional lainnya untuk menjaga keselamatan penerbangan," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (24/8).

Budi menjelaskan, pihaknya bersama seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan konsisten mengampanyekan pentingnya keselamatan penerbangan. Kampanye tersebut disampaikan kepada para pelaku di sektor penerbangan dan masyarakat.

Lebih lanjut, kata Budi, sejumlah instrumen kebijakan telah dikeluarkan dalam menjaga keselamatan penerbangan. Misalnya, membentuk satuan tugas (satgas) program keselamatan, menetapkan rencana keselamatan penerbangan nasional, serta mengadakan dialog dan konsultasi dengan para pemangku kepentingan secara berkala.