Menkominfo paparkan hasil DEMM 2022, apa saja?

Forum Digital Economy Working Group (DEWG) telah menggelar empat kali pertemuan dalam enam bulan terakhir.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat memberikan keterangan kepada pers usai Ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (28/02/2020). Rakhmat/Setkab

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, menyampaikan hasil pembahasan dari Digital Economy Minister's Meeting (DEMM) 2022.

Johnny menjelaskan, forum Digital Economy Working Group (DEWG) telah menggelar empat kali pertemuan dalam enam bulan terakhir, sebagai upaya untuk mendiskusikan langkah-langkah bersama di antara negara anggota G20 atas tiga isu prioritas.

Pertama, dia memberi pemaparan terkait konektivitas digital dan pemulihan pascapandemi Covid-19, kecakapan dan literasi digital, serta Data Free Flow With Trust (DFFT), dan Cross-border Data Flow atau CBDF.

"Semua itu sudah dirangkum ke dalam dokumen bersama G20 Digital Economy Minister Meeting: Summary, yang telah saya  bacakan kepada menteri bidang ekonomi digital negara anggota G20," kata Johnny usai rapat DEMM 2022, Kamis (1/9).

Dia menuturkan, dokumen keluaran DEWG terbagi menjadi dua bagian, pertama berisi kesepakatan substantif yang tercapai antara para menteri bidang ekonomi digital di tiga isu prioritas DEWG presidensi Indonesia. Kedua, berisi rangkuman atas dinamika pembahasan para delegasi dalam menyikapi tantangan global.