Mirae Asset Sekuritas prediksi IHSG kembali menguat setelah Lebaran

IHSG diperkirakan ditutup pada 7.099 di April setelah menyentuh level tertinggi sepanjang masa 7.355 pada 11 April 2022.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi, redanya Covid-19 yang membuat pembatasan sosial diperlonggar, akan menyemarakkan kegiatan ekonomi pada bulan puasa dan perayaan Idulfitri tahun ini, sehingga akan menguntungkan sektor ritel dan emiten.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Martha Christina menjelaskan, di tengah ramainya belanja masyarakat sepanjang bulan puasa dan Lebaran tersebut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara analisis teknikal diprediksi akan konsolidasi. Dia memprediksi indeks saham utama itu ditutup pada 7.099 pada April setelah menyentuh level tertinggi sepanjang masa 7.355 pada 11 April 2022.

"Konsolidasi wajar terjadi setelah IHSG menyentuh all-time high, yang ditambah faktor puasa sepanjang bulan ini. Secara siklus, bulan puasa lebih lesu karena faktor all-time high tadi dapat memicu aksi profit taking, tetapi untuk Mei atau periode setelah Lebaran, kami prediksi dapat menguat dengan rentang pergerakan support-resistance pada 6.759-7.748," papar dia.

Faktor lain yang mendukung analisis Martha dan tim Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah kinerja emiten bursa periode kuartal I/2022 yang masih cukup baik dan pembagian dividen untuk kinerja keuangan 2021.

Head of Research Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya menilai, tingkat belanja masyarakat untuk mempersiapkan dan dalam menjalani mudik di tahun ini akan naik signifikan dibanding dua tahun terakhir. Di mana hal itu akan menguntungkan emiten ritel seperti PT Matahari Department Store Tbk (LPPF). Untuk diketahui, LPPF baru saja dimasukkan ke dalam daftar saham-saham pilihan (stock picks) Mirae Asset Sekuritas Indonesia.