Modal asing masuk Indonesia Rp226 T hingga November

Aliran modal asing (capital inflow) yang masuk ke Indonesia mulai mengalami kenaikan.

Bank Indonesia (BI) mencatat hingga 7 November 2019 aliran modal asing yang masuk (capital inflow) ke Indonesia sebesar Rp226 triliun (year to date/ytd). / Antara Foto

Bank Indonesia (BI) mencatat hingga 7 November 2019 aliran modal asing yang masuk (capital inflow) ke Indonesia sebesar Rp226 triliun (year to date/ytd).

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menjelaskan dari total Rp226 triliun tersebut, sebesar Rp175 triliun masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) dan sebesar Rp49 triliun masuk ke pasar saham.

"Bahwa net inflow sekitar Rp226 triliun (ytd) sebagian besar ke SBN sekitar Rp175 triliun dan pasar saham sebesar Rp49 triliun," katanya di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (8/11).

Dia menjelaskan aliran modal asing yang masuk ke Indonesia mulai mengalami kenaikan seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian global dalam waktu sepekan terakhir. Hal ini, lanjutnya, juga mendongkrak pertumbuhan neraca pembayaran pada kuartal III-2019. 

Pada kuartal II-2019, defisit neraca pembayaran Indonesia masih berada di kisaran US$2 miliar, akan tetapi pada kuartal ketiga mengalami surplus US$46 juta.