Moody's kerek peringkat RI diproyeksi dorong keuangan

Penaikkan peringkat Indonesia oleh lembaga pemeringkat internasional Moodys Investor Service diproyeksi mendorong pertumbuhan keuangan.

Penaikkan peringkat Indonesia oleh lembaga pemeringkat internasional Moodys Investor Service diproyeksi mendorong pertumbuhan keuangan. / Antara Foto

Penaikkan peringkat Indonesia oleh lembaga pemeringkat internasional Moodys Investor Service diproyeksi mendorong pertumbuhan industri keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai kenaikan peringkat utang Indonesia oleh Moody's dari Baa3 dengan outlook positif menjadi Baa2 dengan outlook stabil akan berdampak positif mendorong pertumbuhan industri jasa keuangan dan stabilitas perekonomian Indonesia.

"Peningkatan rating Moody's akan meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di Indonesia termasuk di industri jasa keuangan khususnya di pasar modal," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (14/4).

Ia meyakini perbaikan rating Moody's itu juga menunjukkan kepercayaan akan stabilitas sistem keuangan nasional yang tetap terjaga, di tengah dinamika ekonomi global dan risiko geopolitik yang terjadi saat ini dan ke depan.

Disampaikan, Lembaga Pemeringkat Moody's Investor Service pada 13 April, kemarin menilai bahwa kenaikan rating utang Indonesia didasarkan pada penilaian atas kerangka kebijakan Pemerintah Indonesia yang kredibel dan efektif yang kondusif bagi stabilitas makroekonomi.