1 April 2019, MRT Jakarta resmi beroperasi dengan tarif komersial

MRT Jakarta mulai berbayar pada 1 April 2019. Namun, masih ada diskon 50% selama bulan April.

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peresmian MRT Jakarta fase I di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). / Antara Foto

Angkutan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta resmi menerapkan tiket berbayar mulai hari ini (1/4). Meski demikian PT MRT Jakarta selaku operator masih memberikan diskon tarif MRT sebesar 50% untuk penumpang.

"Mulai 1 April 2019, MRT Jakarta akan mulai beroperasi secara komersial (berbayar) dan selama satu bulan awal ke depan tarifnya akan dipotong sampai 50%," ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan di sela kegiatannya menggunakan MRT di Jakarta, Senin (1/4).

Anies menjelaskan, diskon itu diberlakukan karena sejumlah alasan. Salah satunya pengoperasian rangkaian kereta MRT yang baru setengahnya dari total kereta yang dimiliki PT MRT Jakarta.

"Kereta yang beroperasi baru ada delapan dari 16 kereta. Jadi masih beroperasi separuh kapasitas," ujar Anies.

Dengan separuh pengoperasian rangkaian, waktu kedatangan MRT di setiap satu stasiun baru mencapai 10 menit sekali. Anies mengatakan, ketika sudah beroperasi secara penuh maka penumpang akan dilayani setiap lima menit sekali.