Mulai 1 Mei, Terminal 2F Bandara Soetta khusus untuk maskapai murah

Terminal 2F Bandara Soetta untuk low cost carrier didesain sesuai kebutuhan traveler yang mengutamakan kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan

Pada Rabu, 1 Mei 2019, Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai beroperasi sebagai LCCT yang khusus melayani penerbangan internasional. / dok. Angkasa Pura II

Indonesia akhirnya memiliki terminal khusus bagi maskapai penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier terminal (LCCT). Pada Rabu, 1 Mei 2019, Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai beroperasi sebagai LCCT yang khusus melayani penerbangan internasional. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin mengatakan LCC Terminal 2F membuat Soekarno-Hatta bisa lebih memperluas konektivitas dan pangsa pasar khususnya di segmen penerbangan berbiaya murah. 

“Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia termasuk di Asia Tenggara, dan Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu,” ujar Awaluddin dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id di Jakarta, Jumat (26/4). 

Dari catatan Angkasa Pura II, penumpang segmen LCC di Soekarno-Hatta terus tumbuh. Secara year-to-date periode 1 Januari-24 April 2019 tercatat 1,34 juta orang, atau naik hampir 2% dibandingkan dengan 1 Januari-24 April 2018 sebanyak 1,32 juta orang.

Sementara, penumpang LCC khusus rute internasional di Soekarno-Hatta pada 2018 mencapai sekitar 30% dari total penumpang rute internasional 15,5 juta orang.