Operasi pasar, solutif jaga stabilitas harga bahan pokok?

Pemerintah cenderung mengutamakan operasi pasar dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok yang naik sejak akhir 2021.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat meninjau harga bahan pokok sekaligus operasi pasar di Pasar Wonokromo, Kota Surabaya, Jatim, pada Kamis (13/1). Dokumentasi Kemenko Perekonomian

Pemerintah mendorong operasi pasar sebagai langkah nyata dalam menyikapi kenaikan harga beberapa komoditas bahan pangan guna. Ini merupakan salah satu prioritas yang dilakukan pada awal 2022.

“Operasi pasar yang dilakukan hari ini merupakan rangkaian dari sejumlah langkah nyata yang dikerjakan oleh pemerintah dengan melibatkan berbagai stakeholder untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Kamis (13/1).

Pada hari ini, Airlangga meninjau operasi pasar di Pasar Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).  Beberapa komoditas dijual dengan harga miring, yakni minyak goreng, beras, telur, cabai, bawang, dan gula pasir.

"Dalam operasi pasar ini, kami juga mengecek harga bahan pangan untuk mendukung kebijakan pemerintah," ucapnya.

Adapun pihak-pihak berkepentingan yang dilibatkan dalam operasi pasar, di antaranya Kementerian Pertanian (Kementan), Perum Bulog, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Jatim, PT Sinar Mas, PT Wilmar, PT Wings, dan PT Best.