Pandemi pengaruhi pembangunan JIS

Salah satunya, mengiriman material dari negara asal sempat terlambat.

Penampakan udara progres pembangunan Jakarta International Stadium di Jakarta Utara. Dokumentasi Jakpro

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro mengakui, pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) terpengaruh pandemi Covid-19 selain faktor cuaca. Salah satunya, pengiriman material atau logistik proyek dari negara asal terlambat.

Selain itu, sambung Direktur Proyek JIS, Iwan Takwin, jumlah pekerja menurun drastis. Saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan, misalnya, membuat banyak sumber daya manusia (SDM) panik dan pulang ke kampung halaman masing-masing.

"Dari 2.000 pekerja drop menjadi 1.500 orang karena PSBB ada pengetatan. Ini menjadi tantangan, jadi pekerjaan harus selesai timeline agak meleset karena pandemi Covid-19," ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (26/8). Pembangunan JIS ditargetkan rampung akhir 2021.

Karenanya, Jakpro bersama kerja sama operasional (KSO) pelaksana proyek JIS "memutar otak" agar pembangunan tuntas sesuai target. "Kuncinya kolaborasi sehingga apa yang jadi tantangan dan potensi delay kita bisa mitigasi sejak awal," jelas dia.

Ada beberapa upaya yang dilakukan. Misalnya, area proyek hanya boleh diakses pekerja lapangan (sterilisasi) dan melakukan disinfeksi selama dua kali dalam sepekan.